Senin, 12 Mei 2014

Hidup Sehat ala Food Combaining dengan Tahu Sutera


Food Combining

Makanan Sehat 

untuk Hidup Sehat



    Saat ini Food Combaining adalah diet yang sedang ngetren karena tidak perlu menahan lapar, Diperkenalkan oleh Dr. William Howard Hay, seorang dokter dan ilmuwan asal Amerika Serikat, food combining awalnya merupakan sebuah konsep diet. Food combining adalah sebuah konsep yang mengacu pada fakta bahwa setiap kelompok makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-beda. Food combining memang terbilang baru di Indonesia. Di berbagai belahan dunia, banyak orang yang meyakini bahwa diet food combining adalah jalan yang alami untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh terbebas dari penyakit.



Sejarah Singkat


    Namun, penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa diet ala Hay ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang secara umum. Bahkan dengan menerapkan konsep food combining yang tepat, seseorang bisa terbebas dari penyakit berat seperti tekanan darah tinggi, ginjal kronis, dan pembengkakan jantung.

Dr. Hay sendiri adalah orang pertama yang menerapkan pola makan sehat yang disusunnya sendiri. Ia yang mengalami obesitas dan penyakit kronis mendapati dirinya memiliki berat badan ideal dan terbebas dari penyakit-penyakit berat setelah menjalani diet food combining selama 3 bulan.

Penjelasan Singkat

    Nyatanya, jika mengonsumsi makanan dalam satu kelompok, penyerapan nutrisi akan jauh lebih efektif dan tidak akan menimbulkan masalah pencernaan.

  Setiap kelompok makanan yang akan dicerna memerlukan enzim cerna yang berbeda-beda. Beberapa kelompok makanan memerlukan zat asam sedangkan lainnya membutuhkan zat alkali.
Ketika makanan yang tidak satu kelompok dikonsumsi bersamaan, alkali dan asam bertemu sehingga menetralisir satu sama lain dan akhirnya menghambat pencernaan.

   Banyak dokter di negara barat sudah merekomendasikan konsep food combiningkepada pasien mereka. Salah satunya Dr. Stanley Bass yang mengungkapkan agar mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air (air, buah-buahan, dll) terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi jenis makanan yang lebih sedikit mengandung air.



Memilah makanan
Cobalah memilah makanan dengan mengetahui apa gizi didalamnya.Kandungan yang harus anda ketahui adalah karbohidrat, (protein dan lemak), (serat, vitamin dan mineral).

Memilih Makanan food Combaining
Prinsip dari memilih makanan ini adalah untuk memadukan makanan yang telah kita pilah dengan benar. Janganlah menggabungkan karbohidrat bersama makanan yang mengandung protein. Jadi secara prinsip anda hanya bisa menggabungkan karbohidrat dengan sayuran yang mengandung vitamin, serat dan mineral. Selain itu anda juga hanya boleh menggabungkan makanan berprotein dengan sayuran.
Kemampuan pencernaan kita sangat bergantung terhadap enzim yang kita. Jika kita menggabungkan makanan berprotein dengan karbohidrat, maka akan membuat enzim susah untuk dicerna enzim kita. Dengan memadukan dengan sayur dan tidak memadukan protein dan karbohidrat.

Waktu Food Combaining yang tepat.
Hal yang harus anda perhatikan untuk menerapkan diet food combaining adalah waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk menerapkan food combaining adalah sekitar pukul 12.00 sampai jam 20.00. lebih dari jam 8 malam adalah waktu untuk menyerap makanan yang kita makan setelah dilakukan pencernaan.
Makanan yang baik untuk food combaining adalah buah, sayur yang mengandung serat tinggi, manis dan berair. Selain menguruskan badan, diet food combaining akan membuat tubuh sehat. Ini bukan isapan jempol belaka, karena menu diet food combining ini tidak mengurangi asupan gizi, tapi hanya menyesuaikan apa yang kita makan saja.

Contoh menu diet food combining

Saat bangun tidur anda bisa mengkkonsumsi air putih sebanyak 1 sampai 2 gelas yang dicampur jeruk nipis tau lemon. Mungkin dengan rasa asam, akan membuat anda berpikir untuk mencampurnya dengan gula, namun jangan pernah lakukan itu.
Untuk sarapan pagi hari, dilakukan maksimal jam 12 siang. Makanlah berbagai makanan berserat seperti jus buah – buahan. Hati – hati memilih buah, pilih buat yang sehat dan tak mengandung kolesetrol. Hindari buah – buahan seperti duren, aplukat,nangka, pisah dan buah – buahan yang masih mentah. Buah mentah biasanya mengandung asam tinggi, pilihlah buah yang matang.
Untuk makan siang, dimulai sekitar pukul 12 siang. Ingatlah prinsip karbohidrat + Sayur (serat) atau protein + sayur. Anda bisa memakan seperti misalnya ikan + sayur + salad timun atau bisa juga Ayam + Sup kacang + rujak. Selain itu jika anda bosan anda bisa menggunakan menu bistik daging + salad.
  • Sleingan Sore, dilakukan sekitar pukul 4 sore.
  •  Anda bisa memakan makanan sehat berserat seperti buah pisang segar.
  • Selain itu bisa juga kacang – kacangan atau 3.4 susu kedelai, susu almond atau bisa juga togurt  (tanpa gula)+ 1 sendok teh madu
Sedang untuk makan malam, anda bisa lakukan pukul 6 sampai 7 malam. Anda menyiapkan menu diet food combining seperti:
  • Nasi + terong + kangkung dan lalapan segar yang ditambah sambal
  • Atau bisa juga nasi + tempe tahu + sayur asem + lalapan + sambal
  • Atau Pastel kentang dengan salad.
Untuk menyenyusun menu diet food combining untuk malam dan siang hari, anda bisa menukar menunya. Menu Siang bisa anda gunakan untuk makan malam dan begitu juga sebaliknya. Kita tidak usah ragu akan melakukan food combaining karena gizi kita tidak akan kurang.
Sumber : Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar