Selasa, 27 Mei 2014

Tips Sehat MPASI (Makanan Pendamping ASI) Buah hati anda

 


  Buah hati adalah segalanya bagi setiap orang tua. Tumbuh kembangnya pun patut kita perhatikan.
Sesuai dengan standart WHO, bayi berhak mendapatkan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama, dilanjutkan dengan Makanan Pendukung ASI atau MPASI saat bayi berusia 6 bulan lebih.
 
  Sebelumnya kita membahas ASI terlebih dahulu, kenapa kita perlu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Alasannya karena ASI menyediakan nutrisi yang ideal untuk bayi karena asi merupakan perpaduan sempurna dari vitamin, protein, dan lemak yang semuanya diperlukan bayi untuk terus tumbuh dan berkembang. Asi lebih mudah dicerna daripada susu formula dan mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Sedangkan manfaat ASI bagi Ibu adalah:

• Memberi kepuasan batin, ketenangan, serta kebahagiaan emosional.
• Mempercepat kontraksi rahim, sehingga dalam waktu singkat rahim kembali ke ukuran normal. Seperti   saat Anda belum hamil lho! Ini menyebabkan menurunnya risiko perdarahan rahim di masa nifas.
• Memperkecil risiko kanker payudara.

     Makanan sehat dan gizi berimbang sudah seharusnya menjadi pilihan utama Anda sebagai orang tua. Kebetulan kami selalu membuat sendiri MPASI untuk anak kami yang berumur 7 Bulan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan salah satunya tidak memberikan gula, garam atau madu kedalam MPASI, karena akan menyebabkan anak Diare atau penyakit lainnya. Khusus untuk madu, apabila kualitas madu 100% alami tanpa campuran apapun aman untuk buah hati anda.   Selain itu pengolahan bahan juga penting, selain di blender sampai halus ada baiknya juga MPASI disaring, sehingga lebih mudah dicerna dengan baik oleh Buah Hati anda. Hal ini karena usus dan lambung bayi masih beradaptasi dengan asupan selain ASI, selain itu juga meminimalisir sembelit pada buah hati anda. Selain itu waktu pemberian dan varian MPASI juga harus diperhatikan, jangan memberikan MPASI terlalu sering dan memberikan varian MPASI yang beragam agar Buah Hati anda belajar untuk merasakan sensasi semua bahan makanan.  Dan secara bertahap dan perlahan ada bisa memberikan makanan padat setelah Usia 1 tahun keatas.


Buah Hati kami Gadiza yang sudah memulai makan MPASI

   Salah satu bahan makanan bergizi dan penuh protein adalah  dengan menggunakan bahan dasar Tahu Sutera. Berikut ini salah satu resep sehat untuk buah hati tercinta diatas 6 bulan. Selamat mencoba!



Labu dan daging ayam dikukus dahulu hingga matang dan lunak sebelum direbus atau ditim bersama dengan bahan lainnya.
Bahan:

30 gr labu kuning kabocha, kupas dan potong kecil
25 gr daging ayam giling
20 gr tahu sutra
20 gr tomat (1 bh sdg), potong-potong
10 gr daun bayam hijau
150 cc (3/4 gls) air.
Cara membuat :
1. Kukus labu dan daging ayam hingga lunak,
2. Didihkan air, masukan daging, labu, tomat, daun bayam masak hingga lunak, masukan tahu sutra hingga mendidih
3. Angkat, biarkan agak dingin lalu saring dengan saringan kawat.

Semoga berguna untuk ada artikelnya



Salam tahusutera.blogspot.com



Kunjungi juga Lapak kita di kaskus dan Program Langganan Kita

untuk keterangan lebih lanjut call :


Ghamal si Gen
HP : 08567849485 (WA / LINE)
PIN : 741D230E


atau 

Ajeng si Jengjret
HP : 085697006083 /
PIN : 233ECA1E



Tidak ada komentar:

Posting Komentar